About Me

My photo
A wimpy kid who have dimple and addicted to FC Barcelona

Program Studi Desain Komunikasi Visual - Fakultas Seni Rupa dan Desain

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Yang menarik dari sini adalah seorang sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif.

Banyak hal-hal mendasar yang dipelajari di program studi DKV. Mengembangkan bentuk bahasa visual (bermain gambar), mengolah pesan (bermain kata) keduanya untuk tujuan sosial maupun komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya. Visual berwujud kreatif dan inovatif, sementara inti pesan harus komunikatif, efisien dan efektif saling mendukung agar tersampaikan dengan baik pada sasaran.
Cakupan pekerjaan desain komunikasi sangat luas, antara lain: mulai dari label produk / makanan, desain logo yang mencitrakan sebuah lembaga / perusahaan (branding), paket promosi dan kampanye sebuah program, hingga membuat iklan di media massa, dsb.
Berbeda dengan seni murni (dalam hal ini seni grafis) yang karya seninya dibuat sebagai ungkapan ekspresi sang seniman, maka karya seni yang dihasilkan oleh seorang desainer komunikasi visual lebih ditekankan dengan konsep yang bermaksud-tujuan dan ditujukan untuk khalayak yang disasar (target audience).
Setelah melalui berbagai mata kuliah dasar komunikasi visual, pada semester 6, teman-teman akan dijuruskan pada 3 jalur minat program studi, yaitu:
  • Komunikasi Grafis
  • Komunikasi Visual Periklanan
  • Komunikasi Multimedia
Pada dasarnya Komunikasi Grafis dan Komunikasi Visual Periklanan mengolah bahasa visual pada media statis / diam. Kemampuan komunikasi, tipografi, ilustrasi, fotografi menjadi faktor yang harus dikuasai. Desainer Grafis mampu membuat logo, desain majalah / surat kabar, rambu (sign system), desain kemasan, paket promosi produk dan lain-lain dengan keahliannya tersebut.
Desainer Iklan mampu bermain visual dengan menarik dan efisien untuk tujuan persuasi. Mengemas citra sebuah produk / program / kampanye dengan bahasa visual yang baik, yang bermuara pada perubahan perilaku sasaran yang dituju.
Sementara Komunikasi Multimedia mengarah pada media dinamis berbasis waktu dan suara (audio). Animasi, desain web, media interaktif hingga peyutradaraan film adalah contoh pekerjaan desainer multimedia. Dasar-dasar komunikasi visual teraplikasikan secara dinamis dalam karya multimedia.


Prospek Kerja
Prospek kerja setelah lulus dari program studi Desain Komunikasi Visual ini sangat beragam, tergantung pada minat dan keahlian, diantaranya :
  • Sebagai wirausaha maupun freelancer : desainer grafis, ilustrator, fotografer, animatorweb designer dsb.
  • Biro konsultan desain (graphic house: le boye, ad value, integra dsb)
  • Biro iklan (advertising: ogilvy, mc Caan, fortune dsb)
  • Rumah produksi (production house: BDI, AvantGarde dsb)
  • Stasiun TV.
  • Percetakan dan penerbitan.
  • Hubungan Masyarakat (public relation) lembaga swasta dan pemerintah.

Berikut daftar Universitas yang sudah terakreditasi A, yaitu: 
Institut Seni Indonesia Yogyakarta http://fsr.isi.ac.id/jurusan/desain-komunikasi-visual/
Institut Teknologi Bandung (ITB) http://www.fsrd.itb.ac.id/
Institut Teknologi Harapan Bangsa, Bandung http://www.ithb.ac.id/jurusan_id.php?id=21
Universitas Kristen Petra, Surabaya http://dkv.petra.ac.id/
Universitas Sebelas Maret (UNS),Surakarta http://fs.uns.ac.id/index.php?progdi=21&berita=009955
Universitas Trisakti, Jakarta http://www.trisakti.ac.id/fsrd/komvis/

Sedangkan yang tidak termasuk daftar diatas tapi yang juga recomended adalah BINUS


Kelebihan dari DKV yaitu ketika masih kuliah dapatmengaplikasikan ilmunya buat mencari side job atau freelance, sesuai kreativitas

1 comments:

Followers

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Copyright © / And-They

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger