About Me

My photo
A wimpy kid who have dimple and addicted to FC Barcelona

Program Studi Desain Interior - Fakultas Seni Rupa dan Desain



Desain Interior merupakan sebuah program studi yang berada pada Fakultas Seni Rupa dan Desain. Seperti halnya pada program studi lain yang terdapat pada FSRD, Desain Interior juga menekankan pada mahasiswa dan calon mahasiswanya untuk dapat berpikir cepat, kritis, akurat dan yang paling utama adalah kreatif. Di Program Studi Desain Interior teman-teman akan belajar tentang hubungan antara manusia dengan ruang yang dihuni atau digunakan.
Sebagai contoh sederhana adalah bagaimana menciptakan ruang yang sesuai dengan sifat pengguna dan jenis kegiatannya, ruang tersebut harus mampu mendukung semua kebutuhan pengguna termasuk meningkatkan mood pengguna. Coba bayangkan bila terdapat suatu ruang kerja untuk seorang dokter gigi di mana seluruh dinding, langit-langit dan lantainya berwarna hitam, dan hanya terdapat satu titik cahaya di dalamnya.
Pasti produktivitas kerjanya tidak akan baik. Lebih jauh lagi, apabila ruang tersebut untuk dokter gigi dimana pasiennya adalah anak-anak balita, tentu desain ruang tidak cukup hanya berupa ruang yang terang dan berisi peralatan kedokteran yang lengkap, karena anak-anak balita memiliki sifat khusus yang berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itu ruang tersebut harus cukup menyenangkan dan tidak menakutkan bagi anak-anak.
Tapi di Program Studi Desain Interior teman-teman tidak hanya akan mempelajari hal itu saja, masih sangat banyak kuliah dan pengetahuan yang lain. Seperti merancang meubel dan furnitur baik yang tradisional ataupun yang modern, aspek perilaku manusia, etika berprofesi, budaya, sejarah, konstruksi bangunan, tata cahaya dan suara dan masih banyak lagi aspek ruang lainya yang dipelajari. Selain itu disiplin, etika, dan dedikasi teman-teman terhadap pekerjaan juga akan dilatih. Yang jelas, Desain Interior adalah sebuah program studi yang menyenangkan.


Prospek Kerja
Seorang lulusan Desain Interior memiliki prospek kerja yang sangat luas, beberapa diantaranya adalah :
  • Interior designer
  • Architecture and interior design consultant
  • Contractor
  • Kitchen & pantry specialist
  • Bathroom specialist
  • Bedroom specialist
  • Moving interior (vehicle) specialist
  • Exhibition designer
  • Interior designer for house, office, hospital, hotel.
  • Dan lain-lain
Masih banyak lagi prospek kerja yang dapat digeluti oleh seorang sarjana Desain Interior, dan tidak terbatas pada bidang yang pernah dipelajari dalam masa perkuliahannya.


Berikut perguruan tinggi yang desain interiornya akreditasi A :
Institut Seni Indonesia Yogyakarta http://psdi.isi.ac.id/
Universitas Kristen Petra, Surabaya http://interior.petra.ac.id/
Universitas Trisakti, Jakarta http://www.trisakti.ac.id/fsrd/interior/
Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung http://www.itenas.ac.id/en/page/desain-interior-1205241015
Institut Teknologi Bandung (ITB) 
http://www.interior.fsrd.itb.ac.id/

1 comments:

  1. Artikel ini sangat menarik. Terimakasih atas informasi yang telah diberikan. Informasi ini sangat membantu

    ST3 Telkom

    ReplyDelete

Followers

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Copyright © / And-They

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger